Inilah Barang Elektronik Jaman Dulu yang Sangat Terkenal

Inilah Barang Elektronik Jaman Dulu yang Sangat Terkenal

Inilah Barang Elektronik Jaman Dulu yang Sangat Terkenal – Jaman dulu seringkali banyak kita temukan barang elektronik yang memiliki nilai tinggi dan juga bersifat sangatlah lanka sehingga banyak dari kita yang ingin untuk membelinya dan juga mendapatkannya dengan mudah.

Pada waktu kita kecil dulu, kadang kita kepengen banget mengikuti dunia teknologi yang sedang berkembang. Salah satunya adalah barang-barang elektronik yang dulu hits di masanya.

Meskipun saat ini tekonologi sudah berkembang pesat, namun beberapa barang elektronik yang hits di masa lalu ini bisa bikin kita keinget zaman dulu. Betapa kita kepengen banget memiliki benda-benda canggih ini.

Yuk simak keenam barang-barang elektronik jadul yang dulu kamu pengen miliki ini!

 

1. Sony Walkman
Musik memang susah dipisahkan dalam keseharian kita nih, guys! Pantesan pemutar musik yang satu ini sangat tenar pada masanya.

Ya, ini adalah Sony Walkman! Sebuah pemutar musik yang membawa inovasi, dulunya masyarakat hanya bisa mendengarkan musik lewat pemutar kaset yang tidak bisa dibawa kemana-mana.

Namun dengan adanya Sony Walkman, kita bisa jadi mendengarkan musik dimana aja lho! Memang bakal gaul banget nih kalau dulu kita electricianmadisonal punya pemutar musik ini!

2. Tamagotchi
Tamagotchi juga merupakan barang yang hits banget di akhir 90-an dan awal tahun 2000-an. Pokoknya kalau yang udah bawa tamagotchi kemana-mana bakal di cap sebagai anak gaul deh pada masa itu!

Emang sih permainan yang memungkinkan kita memelihara binatang digital ini seru banget buat dimainin. Apalagi kalau melihat hewan digital peliharaan kita tumbuh besar rasanya seneng banget.

Saat ini tamagotchi juga masih bisa kita temui di toko-toko mainan online lho. Buat kamu yang kangen atau pengen nostalgia, cus cek toko online atau marketplace favorit kamu!

3. Handphone jadul
Salah satu handphone jadul yang melegenda adalah Ericsson T28, guys! Ericsson T28 merupakan ponsel dengan desain paling tipis dan ringan pada masa itu. Gak heran ponsel ini jadi idaman banget di tahun 1999-an.

Selain itu ponsel ini juga sudah mengadopsi teknologi baterai lithium polymer yang lebih baik dari teknologi baterai ponsel pada masa itu lho. Desain tutup pelindung keypad dan antena luarnya memang ikonik banget ya!

 

4. Nintendo
Siapa yang tak kenal Nintendo? Sebuah konsol permainan yang dulu bikin kita kecanduan buat bermain games sepanjang hari!

Sebelum adanya PlayStation yang dimiliki oleh Sony, Nintendo menjadi konsol games yang menarik dan pasti menjadi idaman anak-anak generasi 90-an untuk dimiliki!

5. Kamera Polaroid
Dunia fotografi sejak dulu memang menjadi favorit bagi banyak orang lho! Tak seperti sekarang yang dengan mudahnya bisa mengabadikan momen dengan foto yang ada menggunakan kamera ponsel, pada zaman dulu kamera merupakan barang yang mewah dan mahal!

Rekomendasi Tempat Wisata Instagramable di Surabaya

Rekomendasi Tempat Wisata Instagramable di Surabaya

Rekomendasi Tempat Wisata Instagramable di Surabaya – Saat liburan sudah pasti akan terlintas di pikiran kalian untuk berlibur untuk mengunjungi berbagai tempat untuk terbaik, salah satu tempat yang akan di bahas adalah tempat wisata di Surabaya.

adalah tempat kita berlibur dan melepas penat. Vellas dan Becheler (2008) menjelaskan jika faktor utama penyebab daya tarik sebuah daerah untuk dikunjungi adalah pesona alamnya, keramahan penduduknya, dan hiburan yang murah. Tapi, sepertinya ada yang kurang, ya? Tempat wisata masa kini juga harus Instagrammable, alias manis untuk difoto. Bila Anda berkunjung ke Surabaya, pastikan melipir ke lima tempat wisata yang tak bosan dipandang mata ini. Apa saja? Simak daftarnya!

Atlantis Land Kenjeran (KenPark)
Objek wisata ini termasuk salah satu yang cukup baru di Surabaya. Lokasinya di Kenpark, Jalan Kenjeran, Sukolilo Baru, Surabaya. Bila dilihat, konsepnya mungkin mirip Disneyland atau Universal Studio, yaitu lahan luas dengan wahana yang beragam. Namanya memang “atlantis”, namun tourist tidak hanya berisi wahana air saja, kok. Ada pilihan kegiatan lain bila Anda memang tidak berniat basah-basahan. Misalnya Dinoland, Wave Swinger, Bumper Car, dan Misteri Atlantis.

Patung Buddha Empat Wajah
Secara sekilas patung ini mirip dengan yang ada di Thailand, dengan empat wajah dan delapan tangan. Jaraknya sekitar 9 kilometer dari pusat Kota , tepatnya di Pantai Ria Kenjeran.
Patung yang juga disebut Four Faces Buddha ini menjulang setinggi 36 meter, dari permukaan tanah hingga kubahnya, dengan warna emas. Sesuai namanya wajah patung Buddha ini menghadap ke empat sisi. Masing-masing sisi melambangkan sifat kebaikan, yaitu adil, murah hati, pengasih, dan meditasi.

Pagoda Tian Ti
Namanya mungkin mengingatkan Anda dengan bangunan yang ada di Tiongkok. Tidak salah, kok, Pagoda Tian Ti merupakan sky dome yang terinspirasi dari bangunan serupa di negeri tirai bambu tersebut.
Spot ini masih berada di kawasan Kenjeran Park. Pagoda Tian Ti sendiri sebenarnya memiliki fungsi sebagai gedung pertemuan.

De Javasche Bank
ini memiliki nama lain Museum Bank Indonesia, didirikan pada tahun 2012. Berada di Jalan Garuda Nomor 1, Krembangan, Surabaya, museum ini dibuka setiap hari, kecuali Senin atau hari libur.
Memang sih, judulnya musem, tapi lokasi sangat mumpuni bila digunakan untuk berfoto. De Javasche Bank memiliki tiga lantai, dengan tiga ruang koleksi, yaitu koleksi mata uang lama, koleksi konservasi, dan koleksi harta budaya.

Taman Cahaya
Taman ini berlokasi di Jalan Pakal, Surabaya. Maka dari itu sering juga disebut sebagai Taman Pakal. Bila dilihat dari fasilitasnya, Taman Cahaya memang dibuat sebagai arena untuk berolahraga. Ada lapangan futsal, jogging track, lintasan batu refleksi, taman bermain anak, toilet, hingga musala.

Cara Cegah Pikiran Berburuk Sangka Pada Orang Lain

Cara Cegah Pikiran Berburuk Sangka Pada Orang Lain

Cara Cegah Pikiran Berburuk Sangka Pada Orang Lain – Saat ini sudah semakin banyak orang yang berburuk sangka terhadap orang lain, hanya karena mereka melihat luarnya saja dan tidak mengenalnya lebih dalam.

Jika terus kamu pikirkan, maka biasanya pikiran positif akan terhalang, dan yang datang adalah pikiran negatif. Membiarkan pikiran negatif hadir dalam keseharianmu, tentu akan mengganggu segala aktivitasmu. Inilah mengapa menghalangi pikiran sendiri yang sering berburuk sangka ke orang lain, harus bisa kamu lakukan. Ingin melakukannya, tapi masing bingung bagaimana caranya? Yuk, ikuti lima cara berikut ini.

 

1. Mencoba mencari faktanya 
Menghalangi pikiran yang sering berburuk sangka ke orang lain, bisa kamu lakukan dengan cara mencoba mencari fakta. Ini adalah cara yang paling mendasar agar pikiranmu gak terus menerus berprasangka ke orang lain. Jadi, daripada menjadi overthinking, oleh hal yang belum pasti, lebih baik fokus saja untuk mencari faktanya.

Dalam hal ini, artinya kamu perlu melakukan klarifikasi. Berburuk sangka itu adalah hal yang membuat lelah hati dan pikiran. Untuk apa berprasangka ke orang, lebih baik mencari fakta-faktanya saja, supaya hati dan pikiran pun bisa tenang. Apabila ada sesuatu leisuretimeattractions yang mengganjal di hati, bertanyalah saja kepada orang tersebut sebagai langkah klarifikasi. Itu akan menghalangi pikiranmu dari prasangka yang buruk.

2. Belajar untuk sedikit cuek 
Sering kali seseorang atau bahkan kamu sendiri suka merasakan kekhawatiran bahwa orang lain hanya baik di depan, namun menjelekkanmu di belakang. Nah, pikiran yang seperti ini, harus kamu lawan. Berusahalah menghalangi pikiran negatif tersebut, agar gak berubah menjadi prasangka buruk terhadap orang lain.

Belajar sedikit cuek itu perlu, apalagi untuk melawan prasangka buruk yang menghampirimu. Pandailah dalam mengontrol emosi diri, belajar lagi kapan saatnya kamu harus cuek dan kapan saatnya kamu harus peduli. Apabila kamu merasa orang lain gak suka padamu, jika sebelumnya kamu berbuat salah, maka berlapang dadalah untuk meminta maaf.

Namun, jika ternyata kamu gak berbuat salah, tapi orang lain kurang menyukai keberadaanmu, maka belajar cueklah dengan keadaan tersebut. Abaikan saja mereka, yang terpenting kamu tetap berbuat baik dan gak melanggar aturan apa pun. Gak perlu cemas dan khawatir, supaya prasangkamu tetap baik terhadap apa pun dan siapa pun.

3. Luangkan waktu untuk merenung 

Merenung berbeda dengan melamun. Kegiatan merenung diperlukan seseorang dalam menjalani hidupnya, untuk dapat mengambil pelajaran tentang segala hal yang telah dijalaninya. Merenung juga ampuh banget untuk menghalangi pikiran sendiri yang sering memiliki prasangka buruk terhadap orang lain.

Cobalah renungkan tentang hal-hal yang membuatmu selalu memikirkan hingga berburuk sangka pada seseorang. Renungkanlah apakah jika kamu terus menerus memikirkannya, maka tujuan hidupmu menjadi terhalangi atau gak? Atau, apakah dengan memikirkan hal tersebut, akan membuatmu menemukan jalan keluar atau gak? Jika ternyata iya, maka segera selesaikanlah. Namun, jika gak, maka hilangkan saja pikiranmu mengenai hal tersebut. Daripada membuang-buang waktu, lebih baik fokus saja untuk memikirkan hal yang lebih penting.

Berpikirlah Sebelum Menolong Teman

Berpikirlah Sebelum Menolong Teman

Berpikirlah Sebelum Menolong Teman – Saat ini sudah semakin banyak orang yang terkena masalah dan membuat banyak orang merasa sangat stress untuk menjalani dan juga menghadapinya. Sebagai sesama teman, sudah sewajarnya kamu saling tolong-menolong, jika salah satu kawanmu meminta bantuan. Namun, sebelum mengulurkan tangan untuk membantunya, ada baiknya kamu pikir dulu paling tidak dua kali, deh apa baik dan buruknya. Bukan perkara pelit atau tidak pelit, tapi kamu juga harus berpikir logis.

 

1. Lihat dulu, apakah dia benar-benar butuh bantuan atau cuma malas saja
Pertama-tama kamu harus lihat dulu duduk permasalahannya seperti apa. Minta temanmu menceritakan persoalannya secara detail. Dari situ, kan kamu dapat blogs mengukur. Kira-kira masalah doi ini berat atau tidak. Jika memang dirasa persoalannya gak seberapa, ada kemungkinan kawanmu hanya malas saja.

Dia gak mau berpikir untuk mencari jalan keluar dan malah pilih cara cepat, yakni minta tolong ke kamu. Sekarang tinggal bagaimana kamu mau menyikapinya, sih. Kalau diberi bantuan bisa saja doi malah jadi keterusan. Tiap ada masalah, baik itu sepele atau berat dia langsung datang ke kamu. Memangnya kamu bersedia direpoti terus-menerus?

2. Dahulukan keluarga yang juga butuh bantuan serupa dibandingkan temanmu ini
Sebelum membantu teman, gak ada salahnya kamu melihat ke orang-orang terdekatmu dulu. Cek, apakah saudaramu atau bahkan ayah-ibumu yang memerlukan bantuan serupa. Bisa jadi, keluargamu saat ini juga sedang membutuhkan uluran tangan. Misalnya, mereka perlu uang untuk biaya sehari-hari, karena ayahmu baru saja kehilangan pekerjaannya.

Sebagai anak kandung, sudah sewajarnya kamu memberikan bantuan ke mereka, dong. Memang saat ini kawanmu juga perlu pinjaman dana, tapi kedua orangtuamu lebih berhak dibantu, lho. Mungkin kamu bisa menyarankan doi untuk minta bantuan ke orangtua atau teman-teman yang lain.

3. Pertimbangkan pula kondisimu sendiri, kamu lagi kesulitan juga apa gak?
Tak hanya memastikan keadaan keluargamu sebelum membantu teman, kamu juga perlu memikirkan diri sendiri. Ukur apakah saat ini kondisimu lagi baik-baik saja apa tidak. Jika memang sedang ada masalah pelik, ya gak salah kalau kamu menolak membantu temanmu ini.

Lebih penting mengurusi masalahmu sendiri dulu, dong. Tidak berarti mau bersikap egois, ya. Bayangkan kalau kamu tetap nekat membantu temanmu ini, sementara diri sendiri juga lagi butuh bantuan. Bukannya kedua masalah kelar, yang ada beban pikiranmu jadi makin berat, tuh.

Gunakanlah Langkah Sederhana Ini untuk Kehidupan yang Bahagia

Gunakanlah Langkah Sederhana Ini untuk Kehidupan yang Bahagia

Gunakanlah Langkah Sederhana Ini untuk Kehidupan yang Bahagia – Saat ini udah semakin banyak orang yang ingin memiliki kehidupan yang bahagia. Hidup bahagia itu tidak tergantung pada orang lain, tapi dimulai dari dalam diri sendiri. Cara berpikir dan bertindak dalam kehidupan sehari-hari merupakan langkah memiliki hidup lebih bahagia.

 

1. Temukan kebahagiaan di orang lain

Membantu dan membuat orang lain tersenyum karena tindakan yang kita berikan kepada mereka tentu dapat membuat kita juga bahagia. Ini langkah pertama agar hidup dipenuhi dengan hal positif. Cukup membantu dengan melakukan hal sederhana saja seperti menyapa dan tersenyum pada orang lain akan menularkan kebahagiaan pada orang tersebut dan diri sendiri.

2. Mulailah mengapresiasi diri sendiri dan dunia

Kebahagiaan tidak hanya didapat dari orang lain tetapi juga diri sendiri. Dengan berpikir positif human life dan mengapresiasi diri serta dunia maka dunia akan terasa lebih indah dan menyenangkan. Selain itu, pikiran positif akan menekan hal negatif dari dalam diri dan membuat seseorang akan lebih menghargai dan bersyukur dengan apa yang ada di lingkungan juga dirinya.

3. Tentukan tujuan yang realistis

Buatlah target yang realistis. Ini demi mencegah munculnya rasa kecewa bila tujuan tak tercapai. Misalnya untuk mencapai tujuan yang besar atau kesuksesan dalam hidup, diperlukan beberapa hal kecil yang akan terus meningkatkan semangat. Selain itu, tujuan tersebut sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan. Meskipun kemampuan akan terus meningkat dengan latihan, tetap saja saat akan mencapai hal besar pertama yang harus dilakukan sesuai dengan kemampuan.

4. Pelajari hal yang baru setiap hari

Seseorang sulit merasa positif karena otak seseorang yang tidak mau melihat sisi lain dari sesuatu. Oleh karena itu, agar hidup bahagia dan positif, diperlukan pembelajaran sesuatu hal yang baru dalam kehidupan dengan melihat sesuatu dengan perspektif yang berbeda. Hal itu karena saat kita mempelajari sesuatu yang baru maka otak akan menggetarkan getaran positif yang sudah lama mati dan pikiran akan menjadi aktif kembali.

 

5. Mencintai diri sendiri
Belajar mencintai dan menghargai diri sendiri adalah suatu hal yang penting. Dengan menerima segala kelebihan dan kekurangan dalam diri akan membuat diri menjadi lebih sudah bisa mencintai dan membuat diri kita bahagia maka bersyukur dan membuat diri menjadi lebih positif. Saat kita kita dapat membuat orang lain menjadi bahagia.

6. Bangun hubungan yang kuat

Memiliki hubungan yang kuat dapat menjadi dasar kebahagiaan diri kita. Dengan memiliki keterikatan dan hubungan yang baik dengan keluarga, teman, pasangan, dan orang sekitar lainnya dapat membuat diri kita menjadi lebih bahagia. Hal itu karena kita dapat membangun kepedulian dan kepercayaan bersama orang tersebut dan kita pun akan mendapat dukungan dan energi positif pula dari orang di sekitar kita.

 

7. Belajar memaafkan dan melupakan

Saling memaafkan atas kesalahan yang dilakukan oleh orang lain terhadap diri kita akan membuat hidup lebih bahagia. Hal itu karena tidak ada dendam dan hal negatif lainnya yang ada dalam diri kita. Sehingga, kita tidak merasa sakit hati dan tidak membebani pikiran. Hal yang perlu dilakukan hanya anggap kesalahan dan kejadian yang tidak mengenakkan sebagai pelajaran, kemudian maafkan dan lupakan kejadian tersebut.

Destinasi Tempat Wisata di Ghana untuk Para Turis

Destinasi Tempat Wisata di Ghana untuk Para Turis

Destinasi Tempat Wisata di Ghana untuk Para Turis – Tempat wisata merupakan salah satu tempat yang saat ini sudah semakin banyak di kenal dan di kunjungi orang untuk menikmati liburan yang itu-itu saja. Ghana adalah salah satu negara yang berada di Afrika Barat. Negara ini terkenal dengan beragam destinasi wisata alamnya yang seru untuk dijelajahi, mulai dari taman nasional hingga air terjun yang berhasil memukau wisatawan. Selain itu, terdapat beberapa bangunan menarik yang berupa masjid yang telah berusia ratusan tahun yang tetap berdiri kokoh hingga saat ini.

 

1. Kakum National Park
Kakum National Park berada di area tengah Ghana yang mempunyai luas sekitar 375 km persegi. Tourist dapat menyaksikan beragam satwa liarnya yang mengagumkan seperti antelop, monyet, hingga beragam burung hutan sambil melintasi jalan setapak berkanopi dengan panjang yang mencapai 350 meter yang mengagumkan. Jalan ini menjadi penghubung antara tujuh puncak pohon yang memesona.

Taman ini awalnya didirikan pada tahun 1931 sebagai cagar alam. Namun diresmikan sebagai taman nasional pada tahun 1992. Wilayahnya didominasi oleh hutan tropis yang rimbun.

2. Boabeng-Fiema Monkey Sanctuary
Boabeng-Fiema Monkey Sanctuary merupakan suaka monyet yang terbuka untuk umum. Pengunjung memperoleh kesempatan untuk menyaksikan dan bahkan beinteraksi langsung dengan monyet colobus hitam-putih yang unik dan mengesankan. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat monyet mona Lowe  langka yang juga tak kalah mencuri perhatian. Kedua jenis monyet unik ini dianggap keramat oleh warga setempat.

Sebagai penghormatan, warga juga melakukan ritual pemakaman ketika hewan ini mati.

3. Makola Market
Bagi yang ingin membeli oleh-oleh, maka berkunjung ke Makola Market bisa menjadi solusi. Di sini terdapat beragam makanan dan minuman khas yang dapat dinikmati. Pengunjung dapat membeli beberapa barang yang dijual oleh para pedagang dari Accra dan desa-desa terdekat lainnya.

Pengunjung juga bisa mengunjungi Pusat Kebudayaan Nasional. Di tempat ini, mereka dapat menemukan berbagai kerajinan artistik, kain tradisional, dan ukiran yang sangat menawan. Kedua tempat ini menjadi surga bagi para pengunjung yang suka berbelanja.

 

4. Paga
Tak seperti kota kecil pada umumnya, di Paga pengunjung dapat menyaksikan dan bahkan berinteraksi dengan buaya langsung dengan menyentuhnya. Kota ini populer menjadi tempat tinggal buaya yang ramah. Buaya keramat hidup di dua kolam yang berdekatan dengan pusat kota. Penduduk lokal percaya bahwa buaya menyimpan jiwa penduduk desa yang sudah meninggal. Selain itu penduduk yang menempati kota ini juga masih hidup dengan cara yang tradisional.

5. Wli Falls
Wli Falls merupakan wisata alam populer yang wajib dikunjungi saat berada di Ghana. Air terjun menakjubkan ini berlokasi di sekitar kota Hohoe. Wli Falls ini menjadi air terjun tertinggi di Afrika Barat, yang tentu membuatnya makin banyak menarik lebih banyak pengunjung. Pada saat sore hari, air terjun terlihat makin spektakuler.

5 Novel Misteri Karya Lexie Xu Terbaik

5 Novel Misteri Karya Lexie Xu Terbaik

5 Novel Misteri Karya Lexie Xu Terbaik – Saat ini sudah semakin banyak orang yang menghabiskan waktunya untuk membaca novel atau membaca buku yang sangat mereka sukai.

Mencari hiburan untuk sekadar mengisi waktu senggang sekaligus membantu proses berpikir, rasa-rasanya dapat ditemukan melalui kegiatan membaca buku bergenre misteri. Tak cuma novel terjemahan, Indonesia pun memiliki buku serupa yang tidak kalah menarik untuk diikuti.

Terdapat salah satu penulis novel kawakan yang bertahun-tahun mendalami genre tersebut, ia adalah sosok berbakat yang dikenal dengan nama Lexie Xu. Penulis yang menyebut dirinya sebagai Sherlockian ini telah berhasil melahirkan buku-buku menarik, lho.

 

1. Obsesi
Obsesi mengambil latar kehidupan anak SMA favorit, yaitu Jenny dan Hanny. Sifat keduanya sangat timpang, di mana Jenny adalah anak kurang pergaulan yang mesti tinggal di rumah besar penuh cerita horor. Sementara Hanny merupakan remaja dengan popularitas gemilang yang selalu menjadi sorotan.

Suatu waktu, keduanya mesti bersinggungan dengan cowok terkenal bernama Tony dan Markus. Alih-alih mendapat peruntungan, pertemuan keempatnya justru merusak persahabatan antara Jenny dan Hanny.

Kehidupan Jenny Angkasa kian mengenaskan, selain ditinggal sahabat satu-satunya, ia pun ketar-ketir menunggu giliran untuk tertimpa kesialan. Ini diakibatkan oleh dua orang bernama Jenny di kelasnya yang terkena musibah, menurut rumor hal itu dikarenakan kutukan Hanny Pelangi.

2. Omen
Sebagai salah satu penulis dengan imajinasi yang kaya, karya Lexie Xu berikut ini sangat sentimentil. Kisah berawal dari remaja kembar bernama Erika dan Eliza yang mendapatkan perlakuan tidak adil, baik itu dari lingkungan keluarga, sampai sekolah sekalipun.

Eliza mendapatkan hal-hal yang banyak orang idamkan, kasih sayang, popularitas, dan teman. Sementara Erika justru hanya diingat sebagai Omen, sebab gayanya yang terbilang nyentrik, jahil, dan galak. Ia pun hobi menindas, salah satunya adalah gadis polos bernama Valeria.

Setelah pagelaran sebuah pesta, terdapat kejadian mengerikan di mana Eliza dan siswa SMA Harapan Nusantara mengalami penusukan secara beruntun. Hal tersebut pun mengarah pada Erika yang dicurigai sebagai tersangka, sebab dia selalu berada dekat dengan tempat kejadian perkara.

3. Rahasia Tergelap

Dalam kisah Rahasia Tergelap, jangan berharap untuk menemukan cerita yang cerah dan menyenangkan khas pemuda-pemudi di bangku kuliah. Sebab dalam buku ini, pembaca akan menelusuri kehidupan kelam yang dialami Giselle.

Perempuan tersebut mendapati bahwa rekannya, Merly, terjun dari atas gedung kampus. Hal yang menggegerkan universitas tersebut dianggap sebagai kejadian bunuh diri. Namun dalam beberapa penemuan, Giselle mempertimbangkan kemungkinan Merly dibunuh.

Bersama sosok lelaki yang dia sukai, yaitu Daryl. Giselle berupaya untuk menyingkap kasus tersebut dan berharap menemukan titik terang dengan mengerahkan segala cara, termasuk meminta bantuan orang-orang penting di kampus.

 

4. Bayangan Kematian
Bayangan Kematian adalah kisah kolaborasi antara penulis berbakat Lexie Xu bersama Erlin Cahyadi. Masih mengangkat tema kehidupan anak SMA, di dalam cerita ini pembaca akan diajak berkenalan dengan Lusi dan Erin yang gemar nongkrong di ruangan musik dan terkenal angker.

Tempat yang dilengkapi dengan piano tua itu ternyata bukan sekadar wilayah untuk keduanya berbagi keluh kesah. Sebab dalam kehidupan yang tidak terbayangkan, dua sohib ini justru menjadi saksi pembunuhan yang kemudian membahayakan keduanya, terlebih lagi Erin.

Di situasi serba salah tersebut, pembaca tidak akan hanya diajak untuk menemukan titik penyelesaian pembunuhan. Melainkan kehidupan antara Lusi dan Erin yang bersinggungan dengan dua cowok menarik, yaitu Diego dan Jonathan.

5. Jangan Diklik: Rahasia Ayu
Menjadi saksi atas meninggalnya seorang teman sekelas akibat bunuh diri tentu bukan pengalaman yang menyenangkan. Itulah kiranya yang dirasakan oleh siswi bernama Ayu, ketika tahu Leoni memutuskan mengakhiri hidup.

Beberapa waktu setelah kematian Leoni, kejadian aneh mulai menimpa orang-orang di kelas Ayu. Bahkan membuat mereka terpojok dalam situasi berbahaya. Terlebih, Ayu sempat menemukan ada aplikasi aneh bernama JanganDiklik terpasang di ponselnya.

Strategi Sosial Media Marketing untuk Pemula

Strategi Sosial Media Marketing untuk Pemula

Strategi Sosial Media Marketing untuk Pemula – Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini sudah semakin banyak orang yang ingin membuat perusahaan atau apapun yang di kerjakannya berhasil. Salah satu cara yang bisa di lakukan adalah dengan melakukan sebuah strategi. Masih pemula dalam dunia digital marketing? Inilah panduan sederhana social media marketing strategy untuk pemula.

Pengguna media sosial di dunia kian meningkat, termasuk di Indonesia. Hal ini didukung dengan mudahnya akses internet di sini. Selain itu, jumlah pengguna smartphone juga semakin banyak sehingga tak heran jumlah pengguna media sosial ini bertambah setiap harinya. Bagi sebagian orang, media sosial dianggap sebagai wadah untuk bisa eksis di dunia maya. Di sini orang-orang bisa tahu informasi terkini dari teman-temannya.

Pilih Media Sosial yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Saat ini ada banyak media sosial yang bisa Anda pilih. Tak hanya Facebook dan Instagram, tapi juga ada LinkedIn, Twitter, dan Google+. Masing-masing memiliki fitur yang berbeda sehingga Anda bisa memanfaatkannya secara maksimal. Untuk itu, Anda perlu paham mengenai siapa saja kira-kira user dari media sosial tersebut. Misalkan kalau target pasarmu meliputi remaja hingga dewasa, maka Facebook bisa Anda gunakan. Kalau Anda memasarkan produk khusus untuk remaja, maka Twitter dan Instagram bisa Anda manfaatkan. Apa lagi kalau produkmu bisa dibuat menarik secara visual, maka pemasaran lewat Instagram ini wajib Anda lakukan.

Buat Konten yang Berkualitas

Salah satu social media marketing strategy yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat konten yang bagus untuk bahan posting-anmu. Konten ini tak harus berupa tulisan penuh tapi bisa juga disisipi dengan gambar. Memang pada umumnya sebuah review bisa membuat orang tahu akan kelebihan produk Anda. Tapi perlu juga Anda ingat bahwa jangan membuatnya terlalu banyak karena hal ini justru bisa membuat orang yang melihatnya jenuh.

Jangan Hanya Buat Akun, Tapi Juga Aktif

Tak sedikit pelaku bisnis yang telah memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi dan sebagainya. Mereka banyak mem-posting promosi dan produk baru serta diskon dan sebagainya untuk menarik minat pembeli. Namun sayangnya, mereka kurang aktif berperan di dalamnya. Misalnya ketika ada calon pembeli yang bertanya mengenai produk tersebut, mereka tidak menjawab jawabannya. Akibatnya, calon pembeli pun mengurungkan niat mereka untuk membeli.

Perbanyak Jaringan Relasi

Media sosial memungkinkan seseorang untuk berhubungan dengan pengguna lain di seluruh dunia, tidak seperti pemasaran offline yang sasarannya hanya orang-orang tertentu di suatu tempat. Manfaatkanlah hal ini untuk memperluas jaringan relasimu. Jalin pertemanan dengan orang lain dan calon pembeli dari seluruh Indonesia atau kalau perlu seluruh dunia. semakin banyak daftar temanmu, maka akan semakin besar pula kesempatan bagi produkmu untuk dikenal lebih luas lagi.

Membuat Sebuah Forum atau Grup Diskusi

Tak hanya untuk menjual produk, media sosial juga bisa Anda gunakan sebagai sarana untuk mendekatkan diri pada konsumen. Buat sebuah grup khusus dan Anda sebagai adminnya. Grup ini berisi para konsumen yang telah mencoba memakai produkmu. Mungkin kalau di kolom komentar, pesertanya terlalu random karena tak hanya berdiskusi, tapi orang juga ada yang bertanya mengenai produk itu sendiri seperti ready stock, pilihan, harga, dan sebagainya. Nah, agar lebih fokus, grup ini harus Anda buat.