Strategi Sosial Media Marketing untuk Pemula

Strategi Sosial Media Marketing untuk Pemula

Strategi Sosial Media Marketing untuk Pemula – Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini sudah semakin banyak orang yang ingin membuat perusahaan atau apapun yang di kerjakannya berhasil. Salah satu cara yang bisa di lakukan adalah dengan melakukan sebuah strategi. Masih pemula dalam dunia digital marketing? Inilah panduan sederhana social media marketing strategy untuk pemula.

Pengguna media sosial di dunia kian meningkat, termasuk di Indonesia. Hal ini didukung dengan mudahnya akses internet di sini. Selain itu, jumlah pengguna smartphone juga semakin banyak sehingga tak heran jumlah pengguna media sosial ini bertambah setiap harinya. Bagi sebagian orang, media sosial dianggap sebagai wadah untuk bisa eksis di dunia maya. Di sini orang-orang bisa tahu informasi terkini dari teman-temannya.

Pilih Media Sosial yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Saat ini ada banyak media sosial yang bisa Anda pilih. Tak hanya Facebook dan Instagram, tapi juga ada LinkedIn, Twitter, dan Google+. Masing-masing memiliki fitur yang berbeda sehingga Anda bisa memanfaatkannya secara maksimal. Untuk itu, Anda perlu paham mengenai siapa saja kira-kira user dari media sosial tersebut. Misalkan kalau target pasarmu meliputi remaja hingga dewasa, maka Facebook bisa Anda gunakan. Kalau Anda memasarkan produk khusus untuk remaja, maka Twitter dan Instagram bisa Anda manfaatkan. Apa lagi kalau produkmu bisa dibuat menarik secara visual, maka pemasaran lewat Instagram ini wajib Anda lakukan.

Buat Konten yang Berkualitas

Salah satu social media marketing strategy yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat konten yang bagus untuk bahan posting-anmu. Konten ini tak harus berupa tulisan penuh tapi bisa juga disisipi dengan gambar. Memang pada umumnya sebuah review bisa membuat orang tahu akan kelebihan produk Anda. Tapi perlu juga Anda ingat bahwa jangan membuatnya terlalu banyak karena hal ini justru bisa membuat orang yang melihatnya jenuh.

Jangan Hanya Buat Akun, Tapi Juga Aktif

Tak sedikit pelaku bisnis yang telah memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi dan sebagainya. Mereka banyak mem-posting promosi dan produk baru serta diskon dan sebagainya untuk menarik minat pembeli. Namun sayangnya, mereka kurang aktif berperan di dalamnya. Misalnya ketika ada calon pembeli yang bertanya mengenai produk tersebut, mereka tidak menjawab jawabannya. Akibatnya, calon pembeli pun mengurungkan niat mereka untuk membeli.

Perbanyak Jaringan Relasi

Media sosial memungkinkan seseorang untuk berhubungan dengan pengguna lain di seluruh dunia, tidak seperti pemasaran offline yang sasarannya hanya orang-orang tertentu di suatu tempat. Manfaatkanlah hal ini untuk memperluas jaringan relasimu. Jalin pertemanan dengan orang lain dan calon pembeli dari seluruh Indonesia atau kalau perlu seluruh dunia. semakin banyak daftar temanmu, maka akan semakin besar pula kesempatan bagi produkmu untuk dikenal lebih luas lagi.

Membuat Sebuah Forum atau Grup Diskusi

Tak hanya untuk menjual produk, media sosial juga bisa Anda gunakan sebagai sarana untuk mendekatkan diri pada konsumen. Buat sebuah grup khusus dan Anda sebagai adminnya. Grup ini berisi para konsumen yang telah mencoba memakai produkmu. Mungkin kalau di kolom komentar, pesertanya terlalu random karena tak hanya berdiskusi, tapi orang juga ada yang bertanya mengenai produk itu sendiri seperti ready stock, pilihan, harga, dan sebagainya. Nah, agar lebih fokus, grup ini harus Anda buat.